Kelas Manajemen Keuangan 4B3, 23 Maret 2019

Temukan sebuah jurnal secara online (via google cendikia, atau referensi sejenis lainnya), dengan tema (Sub Sub Buku Manajemen Keuangan; Penulis Buku : Random)
jalankan :

Pertama
Satu kelompok 3 orang; Kelompok berdasarkan urut absensi (1,2,3) Kelompok 1 (4,5,6) Kelompok 2 dan Seterusnya...
Kedua
Melalui jurnal tersebut silahkan buat resumenya berdasarkan pola 5W + 1H
Ketiga
Tidak Boleh Ada Plagiat

Nb : DEADLINE: 26 MARET 2019; PUKUL : 00.00 WIB

11 komentar:

Nadia Widi mengatakan...

Nama kelompok :
1.Nadia Widi (217.01.0284)
2.Stenika Dora Iriani A (216.01.0111)
3.Denno Karno (217.01.0288)
Tugas Resume Jurnal berdasarkan 5W+1H "Pemeringkatan Obligasi PT.Pefindo:Berdasarkan Informasi Keuangan"

What? : "Pemeringkatan Obligasi PT.Pefindo:Berdasarkan Informasi Keuangan"

Who? : Jurnal ini dibuat oleh Ninik Amalia, dan membuat riset ini merujuk pada tokoh-tokoh yang terkait seperti:(Adler,Manurung et al).(Adrian,Nicko).(Arif,Bramasta Wisnu).(Andry,Wydia).(Chikolwa,Bwembya).(Amalia,luciana spica dan Vieka Devi),(Gaillard,Norbert).(Ghozali,Imam).(Harahap,Sofyan Syafri).(Margreta,dan Poppy Nurmayanti).(Munawir).(Nurmayanti,Poppy dan Eka Setiawati).(Pakarinti,Adia).(Purwaningsih,Anna).

When&Where? : Dilakukan sama pada saat penelitian Desember 2012, yakni diperusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia(BEI)

Why? : Laporan keuangan merupakan informasi dasar dalam memprediksi dan menentukan peringkat obligasi sehingga para investor berkeinginan untuk investasi pada sekuritas obligasi.

How? : Menurut Raharja dan Sari(2008) yang menunjukkan bahwa beberapa rasio keuangan seperti Leverage,Liquidity,Productivity,Profitability,dan Solvency.
Menurut Nurmayanti dan Eka(2012) bahwa hanya equity rasio dan debt to asser rasio.


Indah permata puspa mengatakan...

Nama kelompok kelas 4 B3
-indah permata puspa
-hermansyah
-patahila

Kelompok ini meresume 5w+1h jurnal
'pengaruh kebijakan manajemen keuangan terhadap nilai perusahaan'


What/apa ?
Apa yang menjadi topik? 'Pengaruh kebijakan manajemen keuangan terhadap nilai perusahaan.


Who/siapa ?
Jurnal dibuat dan di ikut sertakan oleh Dwi Cahyaningdyah, Yustieana Dian Ressany.


When where/kapan dimana ?
Kapan dan dimana jurnal ini dibuat?
jurnal Dinamika Manajemen 3/1/2012 Populasi penelitian di perusahaan BUMN yang listing di BEI pada tahun 2008-2010.


Why/mengapa ?
Mengapa ini menjadi tujuan penelitian?
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kebijakan manajemen keuangan yang terdiri dari kebijakan investasi, kebijakan pendanaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan secara parsial dan simultan.


How/bagaimana ?
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Variabel kebijakan manajemen keuangan yang terdiri dari kebijakan investasi diproksi oleh Total Aset Growth (TAG) dan Market to Book Assets Ratio (MBAR), kebijakan dividen diwakili oleh Dividend Pay Out Ratio (DPR), dan kebijakan pendanaan diproksi oleh Market Debt to Equity Ratio (MDER) sementara nilai perusahaan diproksi dengan Free Cash Flow (FCF). Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel kebijakan manajemen keuangan terhadap nilai perusahaan.

Sekian terimakasih.

Budiman mengatakan...

Tuga Kelompok kelas 4 B3 (Sore)
Nama : Pradipa Prabu Putra Tama
Nim : 217.01.0232
Nama : Fatjeri karim
Nim : 216.01.0327


1. What ? “PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP EPS DAN ROE PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA”

2. Who ? Meiliana Stevani Aulia.
Analisis statistik dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier sederhana, dengan bantuan program SPSS versi 17. Berdasarkan hasil uji signifikansi diketahui bahwa Financial leverage berpengaruh terhadap EPS pada perusahaan sub sektor Telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode 2010 sampai dengan 2012, hal ini karena nilai signifikansi pada uji t < 0,05 (0,000 < 0,05). Dan dapat diketahui juga bahwa Financial leverage berpengaruh terhadap ROE pada perusahaan sub sektor Telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode 2010 sampai dengan 2012, hal ini karena nilai signifikansi pada uji t < 0,05 (0,004 > 0,05). Melihat hasil analisis tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.

3. When & Where ? Perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010

4. Why ? Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan signifikannya pengaruh yang ditimbulkan financial leverage terhadap EPS, masing-masing perusahaan (TELKOM, INDOSAT dan XL AXIATA) bernilai positif dan berfluktuasi pada periode penelitian 2010 – 2012. hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : pendapatan per lembar saham (EPS) yang diterima perusahaan mengalami kenaikan pada tahun 2012 hal ini disebabkan adanya modal pinjaman yang menyebabkan perubahan pada EBIT (Earning Before Interest and Tax) yang akan memberikan laba per lembar saham lebih tinggi. Meskipun masing-masing perusahaan mengalami penurunan di tahun 2010 akibat perubahan harga saham dan nilai tukar rupiah cenderung berfluktuasi hal ini disebabkan karena lemahnya fundamental ekonomi. Besar kecilnya pendapatan per lembar saham dipengaruhi dari hasil investasi yang ditanamkan para investor Karena jumlah pendapatan akan berpengaruh terhadap laba perusahaan. Sedangkan ROE pada tahun 2012 mengalami penurunan secara fluktuasi dikarenakan perubahan harga saham dan nilai tukar rupiah cenderung berfluktuasi hal ini disebabkan karena lemahnya fundamental ekonomi. akan tetapi pada tahun 2010 mengalami kenaikan hal ini disebabkan penggunaan modal pinjaman meningkat yang akan meningkatkan ROE perusahaan pula, hal itu disebabkan pada tahun 2010 pertumbuhan ekonomi pesat sehingga Tingginya penggunaan modal pinjaman perusahaan yang selama ini mendominasi dan menjadi faktor penting terdongkraknya pertumbuhan ekonomi nasional, mulai dibarengi dengan meningkatnya investasi sehingga meningkat pula ROE masing – masing perusahaan. Berdasarkan nilai EPS dan ROE, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya Financial Leverage memiliki hubungan yang positif antara EPS dan ROE. Hal ini dikarenakan tinggi rendahnya nilai EPS dipengaruhi oleh faktor internal perusahaan sedangkan nilai ROE lebih cenderung dipengaruhi oleh faktor eksternal perusahaan.

5. How ? sebagaimana dikatakan Larson ( 2005 : 18 ) “Balance sheets describes a company’s financial position (types an amounts of assets, liabilities and equity) at a point in time.

Unknown mengatakan...

Nama:
Ria Karmila Nim :217-01-0242
Dori Ariansyah Nim :217-01-0211
Abdul Rohman Nim : 217-01-0219



Pengaruh rasio keuangan, pertumbuhan penjualan dan dividen terhadap harga saham

What/apa : Pengaruh rasio keuangan, pertumbuhan penjualan dan dividen terhadap harga saham
Who / siapa : jurnal ini dibuat oleh Tita Deitiana
When&where :
Jurnal Bisnis dan Akuntansi 13 (1), 57-66, 2011, saham untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, likuiditas, pertumbuhan penjualan, dan dividen terhadap harga saham di Bursa Efek Indonesia selama 4 tahun terus menerus mulai tahun 2004 hingga 2008.
Why/ kenapa : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap keputusan manajemen dalam membayar dividen kepada pemegang saham. Rasio ini digunakan untuk penelitian likuiditas, profitabilitas, pertumbuhan penjualan dan dividen implikasinya pada harga saham. Penelitian menunjukkan fundamental perusahaan
How/bagaimana: Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas telah mempengaruhi return saham. Sementara itu, likuiditas, pertumbuhan dan dividen tidak mempengaruhi harga saham.

Unknown mengatakan...

Nama:heri saputra (217.01.0108)
Heri susanto (217.01.0109)
Herdoni (217.01.0210)
Kelas: IV B 3 (sore)

Tugas Resume Jurnal berdasarkan 5W+1H
Judul :faktor faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan perbankan indonesia

What (apa) : faktor faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan perbankan indonesia

Who(siapa) : jurnal ini dibuat oleh farah margaretha dan membuat riset merujuk pada tokoh-tokoh yang terkait seperti:(abor'j), (aini,n), (almilia dan herdiningtiyas,w), (arif.a dab anees .A.N), (bachri,s), (ben naceur,s dan kandil,M), (brigham,EF dan houston,jf),
(fahmi,m.s) (pohan.a), (sidik,p.p), (sunarto dan budi AP), (sutrisno).

When(kapan) : dilakukan sama pada saat penelitian mei 2017 yakni di

Where(dimana) : seluruh bank yang terdaftar dibursa indonesia selama periode 6 tahun yaitu dari tahun 2010-2015.

Why(mengapa) : faktor penting diindustri perbankan yang dalam kegiatannya mengandalkan modal dari investor, oleh karena itulah perusahaan perbankan harus dapat menjaga likuiditasnya yang dapat mempengaruhi kinerja keuangan

How(bagaimana): indikator faktor internal dan eksternal bank yang mempengaruhi kinerja keuangan bank yaitu ukuran bank, efisiensi, permodalan, resiko, privatisasi, listed, inflasi, dan siklus bisnis

Siska mengatakan...

Nama kelompok : 
1.SISKA (217.01.0060)
2.RENDI juliansyah (216.01.0246)
3.zainal abidin (216.01.0416p )

Resume jurnal "ANALISIS ARUS KAS UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN" Berdasarkan 5W + 1H
Sebelumnya saya artikan terlebih dahalu apa itu 5W + 1H:

1. WHAT (apa) berkaitan dengan peristiwa yang terjadi. 

2.WHERE (di mana) berkaitan dengan tempat di mana peristiwa terjadi.

3.WHEN (Kapan) berkaitan dengan waktu peristiwa terjadi.

4.WHO (Siapa) berkaitan dengan pelaku peristiwa.

5.WHY (Mengapa) berkaitan dengan latar belakang 

6.HOW (Bagaimana) berkaitan dengan proses terjadinya peristiwa.

Dari pengertian diatas dapat kita lakukan resume jurnal kelompok kami dengan acuan 5W + 1H, yaitu sebagi berikut :

1. WHAT (apa) :"ANALISIS ARUS KAS UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN"

2.WHERE &WHEN (di mana): penelitian dilakukan pada tanggal 1 maret 2015 di "KUD SIDO MAKMUR LUMAJANG"

3.WHO (siapa) : Subani
STIE Widya Gama Lumajang.

4.WHY (Mengapa) : Laporan arus kas
adalah suatu laporan yang bertujuan untuk
memberikan informasi yang relevan tentang
penerimaan dan pengeluaran kas atau setara
kas dari suatu perusahaan pada suatu periode
tertentu. Sedangkan arus kas menurut Ikatan
Akuntan Indonesia,
arus kas adalah arus masuk dan arus keluar kas atau
setara kas.
Dari keterangan diatas dapat dilihat
bahwa laporan arus kas dapat membantu
menunjukkan bagaimana perubahan kas yang
terjadi dalam sebuah perusahaan dilaporkan
dengan relevan selama periode tertentu.
Tujuan laporan arus menurut
Ikatan Akuntansi Indonesia adalah Memberi informasi historis mengenai
perubahan kas dan setara kas dari suatu
perusahaan melalui laporan arus kas yang
mengklasifikasikan arus kas berdasarkan
aktivitas operasi, investasi maupun pendanaan
(financing) selama suatu periode akuntansi.

5. HOW (Bagaimana) :Menurut Fahmi (2013:2) adalah suatu
analisis yang dilakukan untuk melakukan
sejauh mana suatu perusahaan telah
melaksanakan dengan menggunakan aturan–
aturan pelaksanaan keuangan secara baik dan
benar. Seperti dengan membuat suatu laporan
keuangan yang telah memenuhi standar dan
ketentuan dalam SAK (Standar Akuntansi keuangan )

Efrianto mengatakan...

Nama : EFRIANTO
NIM : 217 01 0221
Nama :DORIS HERMANDO
NIM : 217 01 228
Nama : FAHRIZKI BIMA MAHARDIKA
NIM : 217 01 0225
Kelas : IV B3

JURNAL DINAMIKA MANAGEMEN
PENGARUH KEBIJAKAN MANAGEMEN KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

What : Pengaruh kebijakan managemen keuangan terhadap nilai
perusahaan
Who : Juranal ini dibuat oleh Dwi Cahyaningdyah, Yustiena Dian
Ressany
dan membuat Grinstein,Y), (Hennessy), (Rahmawati, I & Akram),
(Marrow,J.L.,Sitmon,D.G,Hitt.M.A & Holcom,T.R), (Murtini,U),
Nini.G ,Smith, riset ini merujuk pada tokoh- tokoh terkait
seperti
: (Al-Malkawi,H.N), (Chhaochhana, V & DC & Sufi,A)
When &where : Dilakukan pada Oktober 2011 yakni diperusahaan BURAN yang
listing di BEI
Whay : Suatu perusahaan yang mempunyai tujuan untuk memakmurkan
pemiliknya dalam hal ini para pemegang saham dengan cara
meningkatkan nilai perusahaan melalui kebijakan-kebijakan yang
diambil.
How? : Ada 3 kebijakan utama yang diambil dalam managemen keuangan
adalah : Kebijakan pendanaan, Kebijakan investasi, dan
Kebijakan
deviden (Morrow, Murhni, 2008)

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Nama Kelompok :
1. Novra wahyu setyawan ( 217.01.0277 )
2. Maridjon ( 217.01.0252 )
3. Defi Rohmi ( 217.01.0250 )

Tugas Resume Jurnal berdasarkan 5W+1H " Pengaruh Sektor Komoditi Beras Terhadap Inflasi Bahan Makanan "
What? : Pengaruh Sektor Komoditi Beras Terhadap Inflasi Bahan Makanan.

Who? : Jurnal ini dibuat oleh Dwi Widiarsi dan membuat riset dari tokoh-tokoh yang terkait : (Ambar Teguh Sulistyani). (Boediono). (Malian, A., Husni, Sudi Mardianto dan Mewa Ariani). (Sukirno, Sadono). (Styawan,Aris.B.).

When&Where ? : Penelitian dilakukan pada Juli 2012, yakni di Biro Pusat Statistik. Jakarta

Why? : Secara umum bertujuan menganalisis dampak sektor komoditi beras tehadap inflasi bahan makanan dan secara khusus bertujuan menganalisis dampak harga dasar gabah yang ditetapkan oleh pemerintah, jumlah impor beras, dan jumlah produksi beras terhadap stabilitas ekonomi makro yang diinterpretasikan dengan inflasi bahan makanan.

How? : Untuk mengetahui bagaimana variabel-variabel ekonomi mempengaruhi inflasi bahan makanan, maka digunakan model ekonometrik. Persamaan regresi linear yang digunakan adalah:
Y = f( X1, X2, X3)
Dimana:
Y = Inflasi Bahan Makanan (persen)
X1 = Harga dasar gabah (Rp/Kg)Jumlah impor beras (Kg)
X2 = Jumlah impor beras (Kg)
X3 = Jumlah produksi padi (Ton)

Unknown mengatakan...

nama kelompok :
Bella Yolanda
Eva Rosmawati

JUDUL JURNAL : PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN DI INDONESIA

TEMA SUB BUKU : RASIO KEUANGAN DAN PERTUMBUHAN LABA

PENULIS BUKU : CHARLES SIMORANGKIR 

1). What ( Apa )
Apa tujuan dari penelitian jurnal ini ?
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji secara parsial pengaruh rasio
keuangan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan perdagangan di Bursa Efek
Indonesia (2) menguji secara simultan pengaruh rasio keuangan terhadap
pertumbuhan laba pada perusahaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (3)
mengetahui rasio keuangan yang paling dominan berpengaruh terhadap
pertumbuhan laba pada perusahaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (4)
mengetahui aspek pengelolaan assets dan pendapatan serta aspek hutang dan ekuitas terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia.

2). Who ( Siapa )
Siapa orang yang meneliti jurnal ini ?
ADE GUNAWAN1, SRI FITRI WAHYUNI2
1Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
2Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

3). When ( Kapan)
Kapan periode penelitian diperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan ?
periode penelìtian diperoleh pada tahun 2006-2011 Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.

4). Where ( Dimana )
Di mana Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Perdagangan yang terdaftar ?
terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2006 sampai
dengan 2011 dengan sampel 10 perusahaan.

5). Why ( Mengapa )
Mengapa jurnal ini harus menggunakan metode analisis data penelitian,yaitu metode analisis data kuantitatif ?
Karena metode analisis data kuantitatif adalah metode analisis data yang
menggunakan perhitungan angka-angka yang nantinya akan dipergunakan untuk
mengambil suatu keputusan tentang PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN DI INDONESIA di dalam memecahkan masalah dan data-data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teori-teori yang telah berlaku secara umum, sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan serta menguji apakah hipotesis yang dirumuskan dapat diterima atau ditolak.

Unknown mengatakan...

Nama:Heri Susanto
Nim:217010109

https://drive.google.com/file/d/1Fva7_ziiXj5Vl7JBJo2w6LPuGUThN02E/view?usp=drivesdk

HOT NEWS: TOLONG ISI SURVEY INI

OPEN SURVEY, please give your response

If you are a low level manager in the credit department, both in Cooperatives, Insurance, and Leasing. please take your time to fill out th...

POSTINGAN POPULER